Berita Bethel
Penulis: Pram (17/09/2020)
Begini Cara Aman Bepergian Saat New Normal agar Tidak Terpapar Covid-19


Saat ini, pemerintah sudah memperbolehkan traveler untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata. Namun, tentu saja ada syarat bepergian saat new normal yang harus Anda penuhi.

Hal ini bertujuan agar Anda tetap aman dari paparan covid-19, sehingga kasus positif tidak melambung terus menerus.Berlibur memang memiliki efek yang bagus untuk kesehatan fisik maupun mental. Akan tetapi, berhati-hati terhadap kemungkinan negatif di perjalanan adalah langkah terbaik yang mesti Anda lakukan.

Lantas, bagaimana cara aman bepergian saat new normal? Mari, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Hanya melakukan perjalanan saat benar-benar diperlukan Agar keamanan diri lebih terjaga, sebaiknya hanya lakukan perjalanan ketika keadaan benar-benar mengharuskan Anda untuk melakukannya. Seperti untuk tujuan bisnis, pekerjaan, mengunjungi keluarga, dan sebagainya.

Sebaiknya, tidak melakukan perjalanan apabila Anda mengalami gejala terjangkit korona, menjalani proses isolasi karena berkontak terhadap pengidap korona, serta rentan terpapar covid-19.

2. Mengenakan masker dan penutup wajah (face shield).WHO sudah merekomendasikan bagi masyarakat untuk memakai masker semenjak persebaran covid-19 semakin memuncak. Hal ini dikarenakan virus korona menyebar melalui droplets yang masuk anggota tubuh seperti mulut, hidung, serta mata.

Untuk itu, mengenakan masker bisa membantu Anda memproteksi diri dari virus mematikan ini. Sebaiknya, ganti masker serta penutup wajah setiap hari, serta cuci memakai air hangat dan detergen. Hal ini harus Anda lakukan saat akan melakukan perjalanan.

3. Mengaplikasikan protokol kesehatan. Virus korona tergolong masih baru dan masih diteliti perkembangannya. Namun, virus ini telah dinyatakan menular dengan mudah ketika terdapat kontak fisik.

Untuk itu, cara bepergian aman saat new normal adalah dengan tidak melakukan kontak dengan permukaan benda yang sudah disentuh orang lain. Selain itu, tetaplah jaga jarak setidaknya dua meter.

Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun secara berkala. Dikutip dari National Geographic, risiko penularan covid-19 dapat diantisipasi dengan beberapa langkah seperti menghindari menyentuh wajah menggunakan tangan serta mensterilkan benda yang sering disentuh menggunakan tangan seperti gagang pintu dan ponsel.[Sumber : www.medcom.id].