Berita Bethel
Penulis: Pram (25/08/2020)
Sepuluh Negara Bebas Covid-19: Terkena Dampak Ekonomi Pandemi, Apa yang Dapat Mereka Lakukan ?


Sepuluh Negara Bebas Covid-19: Terkena Dampak Ekonomi Pandemi, Apa yang Dapat Mereka Lakukan ?

Virus corona sudah menyebar di hampir seluruh negara di dunia, kecuali 10 negara ini. Jadi, apa yang kini dilakukan oleh negara-negara yang tidak terjangkit virus tersebut ?.

Negara pertama yang tidak mengalami virus corona ini adalah Palau. Pada tahun 1982 negara tersebut membuka sebuah hotel yang dinamakan hotel Palau dan merupakan tempat penginapan satu-satunya di sana.

Sejak itu, pariwisata di negara kecil yang dikelilingi oleh samudra Pasifik itu mengalami lonjakan.Pada tahun 2019, sebanyak 90.000 pelancong datang ke Palau, lima kali lipat dari total populasi. Pada tahun 2017, angka-angka dari lembaga keuangan dunia IMF menunjukkan, sektor pariwisata menyumbang 40% dari Produk Domestik Bruto negara.

Namun, itu sebelum dunia dilanda pandemi virus corona.Sebetulnya perbatasan Palau sudah ditutup sejak akhir Maret. Negara ini adalah satu dari 10 negara di dunia tanpa kasus yang dikonfirmasi (di luar Korea Utara dan Turkmenistan).Kendati tidak menulari satu orang pun, virus corona telah memorak-morandakan negara tersebut.

Akibatnya hotel Palau pun ditutup sejak Maret, dan bukan hanya hotel itu saja. Restoran-restoran terlihat kosong, toko-toko suvenir tutup, dan satu-satunya tamu hotel adalah warga setempat yang melakukan karantina. Berita selengkapnya, silahkan klik disini. [Sumber : bbc.com].