Berita Bethel
Penulis: Pram (06/06/2020)
Kerusuhan AS Berlanjut, Sudah 13 Tewas dan 10.000 Orang Ditangkap


Sudah 13 orang tewas dan lebih dari 10.000 orang lainnya ditangkap sejak protes atas kematian pria kulit hitam George Floyd berkobar di seluruh wilayah Amerika Serikat (AS). Demo yang diwarnai kerusuhan dan penjarahan terus berlanjut di negara itu.

Floyd tewas tak lama setelah lehernya dicekik perwira polisi Minneapolis, Derek Chauvin, dengan lututnya pada Senin, 25 Mei 2020. Pria kulit hitam itu awalnya ditangkap atas tuduhan membeli rokok di sebuah toko dengan uang kertas palsu. Tiga polisi lainnya ikut terlibat dalam penangkapan Floyd. Chauvin dan tiga polisi lainnya telah dipecat dan dikenai dakwaan.

Menurut laporan AP, Jumat (5/6/2020), lebih dari 10.000 orang telah ditangkap selama protes menentang kebrutalan polisi dan rasisme. Protes besar itu telah memberi jalan bagi penjarahan, pembakaran, dan bentrokan yang meluas antara polisi dan demonstran.

Banyak orang yang terbunuh adalah warga keturunan Afrika-Amerika. Hal itu semakin memperparah tragedi bagi keluarga kulit hitam untuk kehilangan lebih banyak anggota komunitas mereka di tengah kerusuhan.Beberapa kota, termasuk New York, Washington DC, Los Angeles dan Chicago, telah memberlakukan jam malam dalam upaya untuk menghentikan kekerasan.

Seiring dengan jumlah kematian yang mengkhawatirkan, puluhan orang telah terluka dalam protes, dengan demonstrasi tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Kondisi seputar banyak kematian selama demonstrasi masih diselidiki. Berikut demo di beberapa kota yang memakan korban jiwa, seperti dilansir news.com.au :

Minneapolis, Minnesota. Seorang pria Afrika-Amerika berusia 43 tahun diyakini sebagai orang pertama yang meninggal sejak protes pro-George Floyd berkobar. Pria bernama Calvin L Horton Jr ditembak mati di luar sebuah toko pegadaian beberapa hari lalu, di mana pemilik toko tersebut ditangkap terkait kematian korban.

Polisi mengatakan mereka sedang menyelidiki kondisi seputar pembunuhan itu, termasuk apakah itu terkait dengan protes di lingkungan tersebut atau bukan. Toko itu digambarkan telah rusak parah selama kerusuhan.

Louisville, Kentucky. Pemilik restoran barbekyu, David McAtee, tewas pada hari Senin ketika polisi dan pasukan Garda Nasional berusaha untuk "membersihkan" kerumunan dari tempat parkir di dekat bisnisnya.

Pria Afrika-Amerika berusia 53 tahun, yang dikenal karena menyediakan makanan gratis kepada polisi, ditembak dan dibunuh setelah petugas dilaporkan mendengar suara tembakan dan kemudian menembak ke arah kerumunan.

Kepala polisi Louisville dipecat minggu ini setelah diketahui bahwa petugas yang terlibat dalam penembakan gagal mengaktifkan kamera tubuh mereka.Pada hari Selasa, departemen kepolisian setempat merilis rekaman pengawasan yang mereka klaim menunjukkan McAtee menembakkan pistol dari pintu toko barbekyu saat situasinya terbuka.

Video itu memperlihatkan McAtee mengangkat tangannya melewati ambang pintunya, tetapi tangannya terhalang dari pandangan kamera. Setelah dia terkena peluru, dia tersandung, menjatuhkan pistol dan jatuh ke tanah.

Namun, kepala polisi sementara Robert Schroeder mengakui bahwa alasan McAtee diduga menembakkan senjatanya masih belum jelas. Ketika ditanya apakah video menunjukkan pria berusia 53 tahun itu menembaki polisi, Schroeder mengatakan, "kami tidak tahu".

ST Louis, Missouri. Seorang pensiunan polisi tewas pada Selasa dini hari lalu setelah dia ditembak seseorang ketika mencoba melindungi toko temannya dari penjarah.

David Dorn, 77, ditemukan tewas di luar toko sekitar pukul 02.30 pagi setelah malam kekerasan di mana puluhan toko dirampok atau pun dirusak.Tidak ada penangkapan yang dilakukan sehubungan dengan penembakan terhadap pensiunan polisi tersebut. Cuplikan momen-momen terakhir Dorn disiarkan langsung di Facebook tetapi video tersebut telah dihapus.

Oakland, California. Seorang petugas polisi federal ditembak dan dibunuh ketika memberikan keamanan di gedung pengadilan AS selama protes.

Dave Patrick Underwood, 53, tewas dan seorang perwira lain terluka parah ketika orang tak dikenal melepaskan tembakan dari sebuah mobil.Tidak segera jelas apakah penembakan dari dalam mobil yang bergerak itu terkait dengan protes atau bukan, meskipun pintu kaca gedung pengadilan hancur dan pintu depan disemprot dengan grafiti anti-polisi.Belum ada yang ditangkap dalam penembakan ini.

Indianapolis, Indiana. Dua kematian yang terjadi selama akhir pekan telah dikaitkan dengan protes di Indianapolis.Chris Beaty, 38, ditembak mati pada Sabtu malam, di mana jasadnya ditemukan tidak jauh dari gedung apartemennya.

Dia dikenal sebagai "Tuan Indianapolis" karena dukungan dan antusiasme yang tak tergoyahkan untuk kota ini.Kematiannya terjadi pada malam yang sama ketika seorang pria berusia 18 tahun juga ditembak mati.

Rincian seputar kematian pria belasan tahun tersebut belum dirilis, tetapi penembakan itu terjadi pada malam yang sama dengan protes kekerasan yang pecah di seluruh kota.

Davenport, Iowa. Seorang wanita berusia 22 tahun ditembak pada hari Senin ketika meninggalkan protes di luar Walmart.Italia Kelly naik mobil bersama seorang teman untuk pergi setelah protes mulai lepas kendali. Pada saat itulah, dia terkena peluru.

Keadaan sekitar kematiannya masih belum jelas dan tidak ada penangkapan yang dilakukan polisi.“Dia selalu tersenyum, selalu tertawa. Itu sebabnya sangat sedih bahwa dia diambil dengan cara yang begitu kejam," kata Bibinya, Amy Hale.“Itu bukan Italia. Dia adalah kepribadian yang besar dan ceria di ruangan itu," paparnya yang menggambarkan bahwa keponakannya bukan sosok perusuh.

Secara terpisah, pihak berwenang mengatakan seorang petugas "disergap" dengan tembakan pada hari Minggu. Seorang perwira lain menembak balik, dan para tersangka melarikan diri tetapi ditangkap.Di dekat tempat petugas yang terluka, polisi menemukan seorang pria ditembak mati dan sebuah pistol di bawah tubuhnya. Identitasnya belum dirilis.

Omaha, Nebraska.Seorang pria Afrika-Amerika berusia 22 tahun ditembak pada hari Sabtu setelah kekerasan meletus dekat bar di kota ini.James Scurlock terbunuh setelah dia berselisih dengan pemilik dua bar di area itu, Jake Gardner.

Video pengintaian dari bar-bar tersebut menunjukkan bentrokan pecah di antara sekelompok orang, termasuk Scurlock dan Gardner.Video-video itu memperlihatkan dua orang mendorong Gardner ke tanah, yang melepaskan tembakan ke udara.

Beberapa detik kemudian, Scurlock terlihat melompat ke tubuh Gardner, yang kemudian menembakkan pistol ke atas bahunya.Pengacara Douglas County, Don Kleine, mengatakan dalam konferensi pers pada hari Rabu bahwa dia akan mengajukan petisi kepada pengadilan untuk memanggil grand juri untuk menentukan apakah pemilik bar harus menghadapi dakwaan kejahatan atas penembakan yang fatal.

Detroit, Michigan. Seorang lelaki berusia 21 tahun terbunuh di pusat kota Detroit setelah seseorang melepaskan tembakan ke sebuah kendaraan saat protes.Menurut sebuah laporan polisi, pria itu sedang duduk di kursi pengemudi dengan sebuah mobil di tempat parkir bersama dua orang lainnya ketika seseorang melepaskan tembakan dan kemudian melarikan diri.

Chicago, Illinois.Dua orang tewas dalam kerusuhan hari Senin di pinggiran Cicero. Juru bicara pemerintah kota, Ray Hanania, tidak memberikan perincian tentang mereka yang terbunuh tetapi mengatakan itu terjadi selama protes.

Las Vegas, Nevada.Seorang pria ditembak beberapa kali oleh polisi setelah dia dilaporkan mengambil senjata api di luar gedung pengadilan di pusat kota Las Vegas.Polisi mengatakan pria itu terlihat berjalan di antara pengunjuk rasa sebelum penembakan itu terjadi.[Sumber : sindonews.com].