Berita Bethel
Penulis: Pram (29/04/2020)
Perubahan Pola Gaya Hidup di Masa Pandemi Corona COVID-19


Seiring seruan isolasi mandiri dengan tidak keluar rumah, kecuali dalam kondisi mendesak, demi memutus rantai penyebaran corona COVID-19, publik tengah membentuk rutinitas berbeda dengan ruang gerak terbatas dan minim mobilitas.

Berkaca pada situasi pandemi seperti sekarang, Staf Pengajar Departemen Sosiologi Fisip Universitas Indonesia Daisy Indira Yasmine menjelaskan, secara umum yang dirasakan masyarakat adalah khawatir.

"Baik khawatir tertular, khawatir menularkan, khawatir tentang dampak ekonomi secara pribadi, keluarga, usaha, khawatir dampak sosial ketika terjadi masalah ekonomi, khawatir pula terhadap kemampuan pemerintah menangani kasus bencana kesehatan ini," katanya pada Liputan6.com lewat pesan Rabu, 8 April 2020.

Ia menambahkan, publik juga tengah khawatir menghadapi kondisi ketidakpastian tentang sampai kapan kondisi ini akan berakhir. "Seakan masyarakat sedang dalam kondisi 'perang' melawan musuh 'virus' yang tidak pasti," imbuhnya.

Sementara, menurut pandangan seorang pemerhati sosial, Yusar, kondisi masyarakat di masa pandemi tak bisa digeneralisir. Pada masyarakat kelas menengah, umumnya sedang mengalami ketidakpastian dan kegundahan luar biasa. Artikel selengkapnya klik di sini. [Sumber: liputan6.com/Foto : Ilustrasi].