Berita Bethel
Penulis: Pram (27/03/2020)
Cuci Tangan untuk Cegah Virus Corona


Virus corona adalah virus jenis baru yang masih sejenis dengan virus MERS (Middle East Respiratory Syndrome) dan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome). Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok.

Virus corona dapat menyebar dengan cepat, baik dari hewan ke manusia maupun dari manusia ke manusia. Gejala awal penyakit ini tergolong sulit dideteksi, karena mirip dengan keluhan influenza pada umumnya.

Berikut ini adalah beberapa gejala infeksi virus corona yang mesti Anda waspadai : Hidung meler, Sakit kepala, Demam, Radang tenggorokan, Kesulitan bernapas, Kematian.

Setiap orang wajib waspada akan persebaran virus corona. Salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk berpartisipasi menekan penyebaran virus corona adalah dengan mencuci tangan.

Seperti dikatakan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC), cuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah salah satu cara efektif untuk mencegah penyebaran virus corona.

Adapun cara mencuci tangan yang paling dianjurkan, yaitu:1. Basahi tangan dengan air bersih mengalir dan gunakan sabun antibakteri secukupnya.2. Busakan sabun dan gosok kedua telapak tangan dengan cara menempelkan bagian telapak tangan yang satu dengan yang lain.

3.Gosok kedua punggung tangan. Telapak tangan kanan menggosok punggung tangan kiri. Lakukan pada tangan sebaliknya.4.Bersihkan sela-sela jari dengan cara menyilangkan jari tangan kanan dengan kiri.

5.Gosok bagian dalam dan punggung jari dengan posisi ujung jari saling mengunci.6.Bersihkan ibu jari. Gosok ibu jari tangan kiri secara memutar dalam genggaman tangan kanan. Lakukan pada tangan sebaliknya.

7.Jangan lupakan bagian kuku dan ujung jari. Bersihkan dengan cara menguncupkan ujung-ujung jari sehingga saling bertemu. Kemudian, gosokkan pada telapak tangan yang berlawanan. Lakukan juga pada tangan sebaliknya.

Iringi kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir dengan penerapan gaya hidup sehat, agar sistem kekebalan tubuh tetap prima. Jangan lupa juga untuk menggunakan masker saat beraktivitas di tengah keramaian dan segera berobat ke dokter jika mengalami gejala penyakit saluran pernapasan.

Jangan tinggal diam melihat virus corona alias novel corona virus (nCov) yang sedang mewabah di sebagian negara Asia. Jadilah salah satu agen pencegah virus corona dengan menerapkan kebiasaan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. [Sumber : klikdokter.com/Foto : Istimewa].