Berita Bethel
Penulis: Pram (05/07/2016)
Manajemen Konflik dan Teknik Manajemen Konflik


Pengertian Manajemen Konflik adalah suatu proses pembuatan rencana dan mengendalikan kondisi yang tidak berkesesuaian yang terjadi di antara pihak-pihak. Definisi manajemen konflik ini diambil berdasarkan pendapat para ahli mengenai pengertian manajemen dan pengertian konflik di bawah ini.



Pengertian Manajemen menurut Stoner adalah suatu proses untuk membuat perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengendalikan berbagai usaha anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya dari organisasi untuk mencapai tujuan.



Pengertian Konflik menurut Alabaness ialah kondisi yang diduga ada diantara pihak-pihak atau lebih yang merasakan adanya ketidaksesuaian antara peluang dan tujuan guna mencampuri usaha pencapaian tujuan pihak lain.



Dalam manajemen konflik yang diutamakan adalah bagaimana cara mengendalikan konflik-konflik yang terjadi diantara para pihak. Untuk memahami manajemen konflik, Stevenin mengemukakan lima langkah manajemen konflik yang bersifat mendasar, yaitu :



1. Pengenalan. Dalam manajemen konflik, pengenalan merupakan teknik untuk mengatasi konflik yang terjadi. Kesalahan di dalam mendeteksi (tidak memperdulikan masalah atau menganggap ada masalah yang sebenarnya tidak ada).



2. Diagnosis.Diganosis merupakan salah satu dari teknik manajemen konflik. Metode yang benar dan telah teruji mengenai apa, mengapa, dimana dan bagaimana berhasil dengan sempurna. Dalam hal ini pusatkan perhatian pada masalah yang utama, bukan pada hal-hal yang sepele.



3. Menyepakati Suatu Solusi.Dengan menyepakati suatu solusi kita dapat menghindari konflik. Teknik ini merupakan salah satu teknik manajemen konflik yang paling efektif.



4. Pelaksanaan. Teknik manajemen konflik yang selanjutnya yaitu pelaksanaan. Dalam setiap pelaksaan selalu terdapat untung dan rugi, jadi jangan sampai pertimbangan ini terlalu mempengaruhi pilihan dan arah kelompok.



5. Evaluasi. Teknik evaluasi merupakan salah satu dari teknik manajemen konflik. Dengan mengevaluasi kita dapat menghindari terjadinya konflik dikemudian hari.



[Sumber : http://www.pengertianpakar.com / Buku dalam Penulisan Pengertian Manajemen Konflik dan Teknik Manajemen Konflik :– Sopiah, 2008. Perilaku Organisasional. Penerbit : CV Andi Offset,  Yogyakarta].