Berita Bethel
Penulis: Pram (19/09/2018)
Pesawat Militer Rusia 'Menghilang' dari Radar di Suriah


Sebuah pesawat militer Rusia yang mengangkut 14 orang telah menghilang dari radar ketika sedang terbang melintasi Suriah."Koneksi hilang dengan kru pesawat Il-20 di atas Laut Mediterania," sebut Kementerian Pertahanan Rusia.



Kementerian itu menambahkan, kontak dengan pesawat terputus pada Senin (17/9) pukul 23.00 waktu setempat.Insiden tersebut dilaporkan berlangsung sekitar 35 kilometer dari pesisir Suriah, saat pesawat Ilyushin Il-20 itu menuju pangkalan udara Hmeimim dekat Kota Latakia.



"Jejak Il-20 pada radar kendali penerbangan menghilang selagi empat pesawat jet F-16 Israel melancarkan serangan terhadap fasilitas Suriah di Provinsi Latakia," papar kantor berita Rusia, Tass."Pada saat bersamaan, sistem radar kendali udara Rusia mendeteksi roket yang dilesatkan dari kapal fregat Prancis, Auvergne, yang berlokasi di wilayah tersebut," tambah laporan itu.



Nasib pesawat Rusia belum diketahui. Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan operasi pencarian dan penyelamatan tengah berlangsung dengan dikoordinasi para personel di pangkalan udara Hmeimim.



Kepada kantor berita AFP, juru bicara militer Prancis menegaskan: "Militer Prancis membantah keterlibatan dalam serangan ini".Sementara itu, militer Israel menolak berkomentar mengenai laporan bahwa pesawat tempurnya menargetkan fasilitas di wilayah Latakia pada Senin (17/9).



"Kami tidak mengomentari laporan asing," ujar militer Israel.Adapun juru bicara Departemen Pertahanan AS menyatakan "rudal-rudal tidak ditembakkan militer AS".Militer Suriah sampai sekarang belum berkomentar soal insiden ini.



Hmeimim adalah pangkalan udara yang dipakai militer Rusia untuk melancarkan serangan terhadap kelompok-kelompok pemberontak di Suriah.Tahun lalu, Rusia mengaku telah meningkatkan keamanan di Hmeimim sebagai tanggapan atas serangan drone yang gagal ke pangkalan tersebut beberapa hari setelah muncul laporan bahwa gempuran kubu pemberontak telah merusak beberapa pesawat.[Sumber : bbc.com].