Berita Bethel
Penulis: Pram (21/05/2018)
Arus Lava Kilauea, Hawaii, Berisiko Hambat Jalan Raya Penting


Arus lava dari gunung berapi Kilauea di Hawaii mengancam akan menghambat jalan raya penting Hawaii yang berfungsi sebagai rute pengungsian bagi penduduk pantai sementara dua dari 22 garis retak bumi yang mengeluarkan lava telah bergabung.



Gambar-gambar dari udara yang dipotret U.S. Geological Survey hari Sabtu menunjukkan satu arus lebar lava yang bergerak dengan cepat ke tenggara dengan kecepatan lebih dari 270 meter per jam. Arus tersebut hampir 2,4 kilometer dari pantai, kata para ilmuwan.



Gambar-gambar itu juga menunjukkan lava memuncrat kira-kira setinggi 100 meter di satu tempat sumber lava.Sementara magma menghancurkan empat lagi rumah, magma tersebut diperkirakan akan mencapai Jalan Raya 137 malam harinya kalau kecepatan dan arahnya tidak berubah, menurut Badan Pertahanan Sipil Hawaii.



Pihak berwenang sedang berusaha membuka satu jalan yang terhambat oleh lava dalam tahun 2014 untuk digunakan sebagai rute pengungsian alternatif kalau Jalan-Raya 137 atau rute lainnya, Jalan Raya 130, terhambat.



Pengawal Nasional Hawaii telah memperingatkan bahwa pengungsian diharuskan kalau ada jalan lagi yang tertutup.Dua daerah yang berpenduduk hampir 2 ribu orang telah terpaksa mengungsi ketika lava menelan 40 bangunan. [Sumber : voaindonesia.com]