Berita Bethel
Penulis: Pram (28/11/2017)
Masih Erupsi, Semburan Abu Gunung Agung Mencapai 4.000 Meter


Erupsi Gunung Agung masih berlangsung dan terus menyemburkan abu vulkanik. Ketinggian semburan abu vulkanik mencapai 4.000 meter dari puncak dan mengarah ke Barat Daya.



Kepala Bidang Mitigasi Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, I Gede Suantika menyatakan, sampai saat ini Gunung Agung masih erupsi effusif disertai dengan kepulan abu bertekanan sedang.



"Ketinggian semburan abunya sudah mencapai 4.000 meter. Semburan abunya sudah menyebar ke Barat Daya," ungkapnya di Karangasem, Selasa (28/11/2017).



Dia menjelaskan, situasi seperti ini akan terus berlanjut. masyarakat dilarang beraktivitas pada zona perkiraan bahaya yaitu di dalam area kawah Gunung Agung dan di seluruh area di dalam radius 8 km dari kawah Gunung Agung.



Ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timur Laut dan Tenggara-Selatan-Barat Daya sejauh 10 km dari kawah Gunung Agung."Kemarin juga ada suara dentuman lemah sejauh 12 km dari puncak.



Dentumannya terdengar sampai pos pantau," katanya.I Gede Suantika menambahkan, sampai saat ini belum ada perluasan zonasi bahaya lagi. "Perluasan wilayah itu akan kami tambah bergantung pada situasi radius 10 km dari puncak Gunung Agung," pungkasnya. [Sumber : sindonews.com].