Berita Bethel
Penulis: Pram (01/07/2017)
Obama Bahas Pajak Hingga Perubahan Iklim di Kongres Diaspora


Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, dalam pidatonya di Kongres Diaspora Indonesia menyebut pembayaran pajak dan kesejahteraan masyarakat menjadi hal yang penting.



Obama menyebutkan, pendapatan pajak negara bisa digunakan untuk membangun sarana dan pra sarana pendidikan, infrastruktur hingga kesehatan.

"Kebijakan penarikan pajak di sebuah bisa membantu pembangunan negara dan masyarakat yang kurang mampu," kata Obama dalam pidatonya pada Congress of Indonesian Diaspora di Jakarta, Sabtu (1/7/2017).



Dia mengatakan, masih ada sektor pendidikan, kesehatan usaha kecil yang bisa dibantu menggunakan dana dari perpajakan.Dari pajak, kesejahteraan masyarakat bisa ditingkatkan. Saat ini, menurut Obama masih banyak masyarakat yang kurang sejahtera, masih ada disparitas antara orang kaya dan orang miskin.



Menurut Obama, pemerintah harus bisa mendorong kesejahteraan masyarakat dan berlaku adil."Harus membantu pemerintah untuk mendukung masyarakat agar bisa mempertahankan pekerjaannya, karena semua orang memiliki kesempatan yang sama," ujar Obama.



Contohnya pemerintah harus memiliki kebijakan yang mementingkan publik. Seperti sistem jaminan kesehatan masyarakat."Di Amerika pemerintah menjamin itu," imbuh dia.



Menurut Obama, Indonesia harus belajar dari dari negara lain terkait gagalnya pencegahan perubahan iklim. Obama mengharapkan Indonesia bisa terus mengatasi perubahan iklim dengan cepat.



Obama menyambut baik kebijakan pemerintah yang mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum di Jakarta. Karena, menurut Obama kendaraan pribadi menyumbang emisi gas buang yang besar untuk iklim dunia. [Sumber : detik.com].