Berita Bethel
Penulis: Pram (15/08/2016)
Demi Kesehatan, Jangan Jauhi Nasi !


Nekat Jauhi Nasi dan Lauk Demi Tubuh Ramping, Risikonya Merusak Kesehatan.Menghindari konsumsi nasi dan lauk banyak dilakukan oleh orang-orang yang ingin tampil ramping, karena diyakini dapat membuat berat badan turun. Hati-hati, cara ini tidak sehat dan efeknya justru bisa mengganggu kesehatan.



Seperti disampaikan Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, kebiasaan mengurangi jenis asupan tertentu dalam jangka panjang akan berdampak terhadap kesehatan tubuh. Terutama jika asupan tersebut tergolong penting dan dibutuhkan oleh metabolisme tubuh.



"Tentu ada risikonya. Salah satunya tubuh jadi kekurangan energi. Berat badan memang turun tapi tubuh bisa mengalami status gizi kurang. Akibatnya, terjadi juga penurunan sistem imun dan orang itu jadi mudah terkena penyakit infeksi," tutur ahli gizi sekaligus dosen di Politeknik Kesehatan Negeri Jakarta II tersebut kepada detikHealth.



Khusus bagi mereka yang kemudian memilih untuk hanya mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah banyak, namun yang dikonsumsi berupa jus atau produk kemasan, risikonya menurut Rita lebih buruk bagi tubuh.



Sebab meskipun sayur dan buah adalah sumber serat, mikronutrien dan karbohidrat sederhana (zat gula), namun jika sering dikonsumsi dalam bentuk sari atau jus tanpa serat maka Anda justru jadi berisiko mengalami gangguan kadar glukosa darah. Gangguan tersebut mulai dari hiperglikemi, sampai diabetes.



"Selain itu, kebiasaan mengurangi asupan tertentu seperti protein juga bisa bikin tubuh mengalami defisiensi protein. Akibatnya, sel dan jaringan tubuh rentan terhadap kerusakan. Produksi antibodi, enzim dan hormon tertentu juga menurun. Kadar hemoglobin juga bisa turun sehingga orang tersebut jadi berisiko mengalami anemia," imbuh Rita.[Sumber : health.detik.com/Foto : Ilustrasi].